Bandung - Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat (Jabar) (Disparbud) telah merilis empat wilayah wilayah Jawa Barat yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Berdasarkan data Biro Pariwisata dan Kebudayaan Negara Jabar, Sabtu, total 35.609.459 wisatawan mengunjungi berbagai objek wisata di Jabar sepanjang tahun 2020.

" Jawa Barat memiliki kekayaan potensi wisata yang menjangkau 27 kota dan kabupaten. Pariwisata juga diharapkan menjadi basis kebangkitan ekonomi Jawa Barat yang anjlok akibat pandemi COVID-19," kata Dedi Taufik, direktur Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat.

Berikut 4 wilayah Jawa Barat yang menjadi destinasi favorit para wisatawan, yaitu kota Bandung yang pertama.



Bandung merupakan ibu kota Jawa Barat dan sudah dikenal sebagai daerah favorit para wisatawan.

Lokasinya yang strategis memudahkan wisatawan yang sekedar ingin menikmati masakan khas kota Kembang, belanja dan transit ke tempat-tempat wisata

Disparbud Jabar mencatat Bandung menjadi daerah yang paling banyak dikunjungi dengan 2.431.290 wisatawan tahun lalu.

Kedua belah pihak. Kabupaten Phangan Dalang menjadi destinasi favorit para traveller yang ingin menikmati keindahan pantai dan wisata alam lainnya.

Berdasarkan catatan Disparbud Jawa Barat, jumlah wisatawan yang datang pada tahun 2020 sebanyak 3.939.992.



Tempat wisata yang paling banyak dikunjungi adalah Pantai Karapyak, Pantai Pangandaran, Pantai Batu Hiu, Bodyrafting Citumang, Cukang Taneuh dan Green Canyon.

Yang ke-3 adalah Kabupaten Bandung Barat. Terletak di utara Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat merupakan kawasan yang paling banyak dikunjungi wisatawan selama tahun 2020.

Disparbud Jabar mencatat 3.440.529 wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Banyaknya objek wisata yang sering dikunjungi dan diunggah melalui media sosial antara lain Pemandian Air Panas Alami Maribaya, Lodge Maribaya, Dago Dream Park, farmhouse, floating Market, dan Great Asia Africa.

Yang terakhir adalah Bupati Gart. Kawasan ini berjarak sekitar 50 km dari pusat kota Bandung, Kabupaten Galt, sehingga menjadi salah satu kawasan yang memiliki daya tarik wisata 1.

Kawasan yang dikenal dengan Snack Rank Head ini memiliki berbagai atraksi. Dari daerah pegunungan hingga pantai yang eksotis.

Sepanjang tahun 2020, Kabupaten Galt telah dikunjungi oleh 1.907.007 wisatawan dalam dan luar negeri.

Sejumlah destinasi wisata favorit antara lain kawasan wisata Cipanas, Kawah Darajat, Pantai Santoro, Pantai Rancabuaya dan Situ Bagendit.