Susie Puziastuti, pendiri dan pemilik Jakarta Suzy Air Airlines, menepis rumor bahwa pilot Selandia Baru Philip Mark Mertens adalah bagian dari Organisasi Papua Merdeka (OPM).

"Itu tidak terlalu benar, siapa pun yang mengatakan Philip adalah OPM atau semacamnya, bukan itu masalahnya," kata Susie pada konferensi pers di SA Residence di Jakarta Timur, Rabu.

Susie mengenal Philip dengan baik sejak lama. Dia juga menganggap Philip sebagai salah satu pilot terbaik yang dimiliki Susie Air. Pada tahun 2012, dia menjadi anggota Susi Air.

" Saya ingat sebelum dia mengundurkan diri dari Susi Air pada tahun 2015,karena (dia) adalah salah satu pilot terbaik Susi Air," tambahnya.1

Kemudian Philip mengundurkan diri dari Susi Air pada tahun 2015 dan pindah ke maskapai lain. Hingga akhirnya Philip kembali bergabung dengan Susi Air di masa pandemi COVID-19.

"Kerja sama saya tahun ini saya kenal secara pribadi dengan istrinya, keluarga Phil, hampir 10 tahun,KanDia bekerja dari tahun 2012 hingga 2015, dan kemudian kembali pada tahun 2020," jelasnya.



Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu juga mengatakan keakraban antara dirinya dan Philip terjalin karena mengenal istri Philip yang bekerja di perusahaan perikanannya.

"Dia menikah dengan Pangandaran. Dulu, istrinya juga bekerja di perusahaan perikanan saya, berapa umur 10 tahun yang lalu. Jadi (kami) sangat dekat dan putranya sangat baik," katanya.

Susie mengaku telah menerima informasi keberadaan Philip dari berita resmi yang diberikan pemerintah melalui TNI dan Polri selama ini, karena medan yang sulit dan jalur komunikasi yang terbatas di wilayah Papua tempat Philip disandera.

" Dan tentunya kita tunggu dari upaya-upaya yang terus dilakukan oleh aparat daerah dan jugasoft approachTNI-Polri, " katanya.

Dia ingin Philip Mark Mehrtens segera dibebaskan dari sandera tanpa syarat setelah 22 hari berada di tangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang dipimpin oleh Egianus Kogoya.

" Kami terus berharap dan berdoa untuk pilot bahwa pada akhirnya pilot,KaptenPhilip, akan dibebaskan tanpa syarat jika memungkinkan, " katanya.