BANDUNG - Tim sepak bola putra Jawa Barat tengah berupaya mencari tempat latihan sekaligus untuk keperluan aklimatisasi jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Menurut pelatih kepala sepak bola putra Jawa Barat, Mochammad Yudhiantara, tim belum lama ini menggelar pemusatan latihan di wilayah Pangandaran. Namun, menurutnya, cuaca di Pangandaran tidak sesuai harapan.

"Informasi terakhir di provinsi Jayapura suhunya sekitar 32-37 derajat celcius, tapi pemusatan latihan kemarin di Pangandaran hanya sampai 31 derajat," kata Yudhiantara di Bandung, Jawa Barat, pada hari Jumat. Meski sudah dekat, ia tetap merasa ada kekhawatiran atas performa para pemainnya. Oleh karena itu, tim Jabar akan mencari lokasi pemusatan latihan lain yang lebih stabil sebelum PON Papua.

"Meski sudah kami harapkan, tetap saja ada kekhawatiran. Ada beberapa daerah di Jawa Barat seperti Cirebon dan Indramayu yang suhunya kabarnya mencapai 33-34 derajat akhir-akhir ini, jadi kami akan coba ke sana.

Pada ajang PON Papua ini, ia mengatakan Jawa Barat menurunkan 20 pemain, yang terdiri dari dua penjaga gawang dan 18 pemain lapangan.

Yudhiantara mengatakan timnya dijadwalkan berangkat ke tanah Papua pada 21 September. Dia mengatakan kompetisi sepak bola akan berlangsung dari 27 September hingga 14 Oktober 2021.

Tim sepak bola putra Jawa Barat tergabung di Grup A bersama Papua, NTT dan Maluku Utara. Sementara itu, Grup B terdiri dari tim-tim dari Jawa Timur, Sumatera Utara, Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan. Grup C terdiri dari Kalimantan Timur, Aceh, Sulawesi Utara dan Bengkulu.