JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memperkuat jaringan telekomunikasi dan data 4G di sepanjang jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa Barat yang melintasi enam provinsi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. Komitmen ini sejalan dengan semakin membaiknya kualitas infrastruktur jalan tol Pansela sepanjang lebih dari 410 km, yang akan memacu perekonomian daerah, terutama sektor pariwisata. Saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah diperkuat dengan lebih dari 3.600 BTS. “Jalur Pansela Jawa Barat yang semakin padat akan mendorong perekonomian masyarakat di enam provinsi yang dilaluinya,” kata Pj. Arif Farhan Budiyanto, Central Regional Group Head XL Axiata, Kamis, Dia mengeluarkan pernyataan di Jakarta.



Kehadiran jalur lalu lintas yang semakin lancar ini juga memicu munculnya banyak destinasi wisata. Permintaan atas layanan telekomunikasi dan data yang prima terus meningkat, dengan trafik data di jalur ini di XL Axiata meningkat sekitar 149% selama dua tahun terakhir. Arif menambahkan, XL Axiata terus melakukan berbagai upaya untuk menjaga kualitas layanan di jalur Pansera, antara lain dengan melakukan peningkatan kapasitas, perluasan jaringan, perbaikan latensi, dan peningkatan kualitas. Peningkatan kualitas jaringan juga dilakukan melalui fiberisasi pada semua BTS yang mendukung jalur Pansera. Tujuan dari fiberisasi adalah untuk meningkatkan kapasitas, terutama pada jaringan 4G, dan memastikan kualitas layanan data yang maksimal, cepat, dan stabil. Dengan semangat XL Axiata Ada Untuk Indonesia, penyediaan layanan internet berkecepatan tinggi di semua area layanan juga menjadi salah satu fokus XL Axiata dalam pengembangan jaringan komunikasi dan data 4G. Hal ini merupakan salah satu tujuan utama perusahaan. Layanan internet tercepat ini bisa membawa banyak manfaat bagi masyarakat setempat sekaligus berkontribusi pada percepatan pembangunan di berbagai sektor: jalur Pansela melintasi provinsi Sukabumi, Cianjur, Garut, Bandung, Tasikmalaya, dan Pangandaran.



XL Axiata juga telah melakukan perluasan jaringan dengan menambah lebih dari 1.000 BTS 4G selama setahun terakhir, sehingga total lebih dari 2.800 desa/kelurahan (sekitar 94% dari total desa/kelurahan) di 192 kecamatan yang tersebar di enam provinsi. Program ini akan terus diperluas hingga menjangkau seluruh desa di wilayah Panserra. Di seluruh wilayah Pancela, XL Axiata melayani lebih dari 2,6 juta pelanggan. Jumlah pelanggan terbanyak ada di Bandung dengan lebih dari 880.000 pelanggan, disusul Cianjur dengan lebih dari 660.000 pelanggan, dan Garut dengan lebih dari 510.000 pelanggan. Provinsi Sukabumi, Tasikmalaya dan Pangandaran masing-masing memiliki lebih dari 300.000, 215.000 dan 47.000 pelanggan.

Jalur Pansera semakin dikenal sebagai jalur wisata karena menghubungkan banyak tujuan wisata. Dimulai dari Pelabuhan Ratu di Sukabumi ke Pantai Ujung Genteng, Pantai Apra, Karang Potong dan Pantai Jayanti. Selain pantai-pantai tersebut, ada juga Puncak Habibi dan Geopark Ciretu di Sukabumi. Lebih jauh ke timur di wilayah Cianjur dan Garut terdapat Pantai Sayang Heurang. Dan di wilayah Tasikmalaya, ada pantai Karantauran. Di Pangandaran, ada Pantai Batu Karas dan Green Canyon.