Kota Bogor - Ilham Habibie, calon gubernur Jawa Barat dari Partai Nasdem, menyoroti masalah-masalah yang dihadapi dalam program aglomerasi di Jawa Barat, termasuk di Kota dan Kabupaten Bogor. Dalam sebuah diskusi tentang Kesiapan daerah dan kesiapan Jawa Barat dalam menghadapi program aglomerasi di Universitas Nusa Bansa di Bogor pada hari Minggu, Ilham mengatakan bahwa banyak hal yang dapat diselesaikan melalui kerja sama antara pemerintah dan industri. Hal-hal tersebut antara lain ekonomi, pendidikan, dan sampah.



Dia mengatakan bahwa wilayah aglomerasi Jabodetabek terus mengalami pertumbuhan populasi. Namun, hal ini tidak diimbangi dengan jaminan pekerjaan.

Namun sayangnya ekonomi tidak dapat menyediakan jumlah pekerjaan yang dibutuhkan, sehingga daerah-daerah yang sangat miskin tertinggal, sementara beberapa daerah berkembang.



Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa durasi sekolah di wilayah tersebut hanya tujuh tahun. Tren penurunan ini juga terkait dengan masalah kemampuan ekonomi.
Menurutnya, kualitas pendidikan perlu ditingkatkan agar dapat menstimulasi pembangunan ekonomi di wilayah Jawa Barat. "Jadi inilah kenyataan yang kita hadapi. Jawa Barat adalah pusat ekonomi Indonesia, jadi semakin banyak orang yang datang dari seluruh penjuru nusantara.” Lebih lanjut, putra dari Presiden ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie, ini mengatakan bahwa masalah lingkungan, terutama sampah, juga menjadi sorotan di daerah tersebut.

Beliau percaya bahwa masalah sampah dapat diatasi melalui kerja sama antar warga. Misalnya dengan mendaur ulang bahan sampah tertentu.

“Itu bisa dilakukan melalui kerja sama antar masyarakat. Ini adalah contoh-contoh masalah yang kita hadapi dan selesaikan,” kata Ilham. (kr-sbn)




35